Cara Menaman Tomat Cherry di dalam Pot

Tips dan Inspirasi Berkebun – Tomat adalah satu diantara sayuran yang popular ditanam di pekarangan rumah serta bisa berbuah sepajang tahun dan cara menanam tanaman tomat ini terbilang cukup mudah. Bila tak mempunyai pekarangan, tak perlu cemas lantaran Anda dapat menanam tomat di pot. Satu diantara type tomat yang popular serta kerap ditanam di pot yaitu tomat cherry. Tak hanya memiliki bentuk yang mungil, tomat cherry juga lezat bila digabungkan dalam salad.

Tomat Cherry Di Pot
Tomat Cherry Dalam Pot

Manfaat dan fungsi tomat tidak hanya diseputar pelengkap bumbu dapur atau pelezat makanan. Selain manfaat jus buah tomat yang terkenal dapat melancarkan sistem pencernaan, manfaat masker tomat untuk wajah juga sangat signifikan hasilnya sebab mengandung likopen yang berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari.

 

bibit-tomat-cherry buah-tomatbmenanam-tomat morfologi-tanaman-tomat

Berdasarkan morfologinya, tanaman tomat dibedakan atas bermacam macam jenis dan walaupun cara budidaya ini dapat di aplikasikan pada hampir seluruh jenis tanaman tomat, berikut kami jelaskan panduan menanam tomat cherry di pot:

1. Taruh pot tanaman tomat cherry di lokasi yang terkena cahaya matahari namun terlindung dari angin kencang.

Angin kencang dapat merusak dan merontokkan daun, mematahkan batang, menghancurkan bunga, dan merontokkan buah. Tomat cherry tumbuh paling baik pada suhu 21,1 – 26,6 derajat Celcius.

2. Beri kandang tomat di sekitar tanaman tomat yang masih muda. Kandang tomat bisa dibuat dari kawat dan harus memiliki ruang yang cukup antar kawat untuk tangan Anda.

Menumbuhkan tomat cherry di pot yang diberi kandang memungkinkan tanaman untuk tumbuh secara alami tanpa harus dipangkas.

Selain itu, kandang juga dapat menghindarkan tanaman dari predator seperti siput.

3. Siram tanaman tomat cherry setiap kali tanah terlihat mulai mengering. Tuangkan air di atas tanah hingga mengalir keluar dari bagian bawah pot.

Dengan cara ini bukan daun yang dibasahi, melainkan tanah yang mendapatkan tambahan air.

Daun yang basah dalam jangka waktu lama dapat memicu busuk daun dan tanaman lebih mudah terpapar penyakit.

Jika cuaca kering dan panas, tanaman mungkin perlu disiram setiap hari.

4. Beri pupuk yang larut dalam air sesegera mungkin setelah tanaman ditempatkan di dalam pot. Campur 2 sdm pupuk 5-10-5 ke dalam tiga liter air.

Tuangkan campuran pupuk di tanah disekitar tanaman. Beri pupuk lagi ketika tomat pertama kali muncul, kemudian dua minggu setelah tomat pertama matang, dan satu bulan setelahnya.

5. Panen tomat cherry ketika sudah matang dan kulit masih terasa kencang. Tomat cherry siap untuk disantap.

Demikian sedikit tips yang dapat admin bagikan buat anda, mungkin dengan tips diatas anda dapat terapkan untuk menanam Tomat Cherry di rumah anda. Baca juga tips cara menanam yang lainnya di cara berkebun.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s